Jumat, 10 Februari 2017

Bahtera Serdadu


Oleh: Muzakky Ihsan
واعلم أن الصبر والثبات اصل كبير في جميع الأمور
            "Ketahuilah!, Sabar dan konsisten, adalah asas dasar keberhasilan di segala bidang". Demikian sedikit cuplikan dari kitab Ta'lim al Muta'allim yang telah ditorehkan oleh Imam al-Zarnuji yang sangat fenomenal itu.

            Manusia yang berakal sehat pasti menyukai kebaikan. Namun hal yang sangat sukar diterapkan adalah tetap Konsisten dalam berbuat kebaikan tersebut. Pepatah arab mengatakan:
لكل إلي شأو العلی حركات   ***  ولكن عزيز في الرجال ثبات
"Semua mempunyai langkah gerak dalam mensukseskan hal-hal baik dalam kehidupan, namun sangat jarang dan sedikit yang mampu terus konsisten dalam menapaki langkah-langkah tersebut".

            Universitas al-Ahgaff, merupakan salah satu universitas yang berbasis tinggi dan ketat dalam ilmu pengetahuan dan pendidikan. Sehingga makna konsisten dan sabar lebih urgen agar sukses di dalamnya.

            Mahasiswa tidak hanya tertuntut untuk konsentrasi penuh pada malzamah tebal yang sangat melelahkan, tuntutan hadir secara kontinu, dan dosen agak pelit dalam memberikan nilai saat ujian merupakan tantangan tersendiri buat mereka.

            Sudah menjadi tradisi umum, saat badai ikhtibar tahunan tiba, banyak awak kapal Bahtera Serdadu yang berjatuhan karna hantaman ombak yang sangat besar dan melelahkan. Bahtera yang lemah akan tenggelam jika awak kapal tidak menjaga stabilitas dan kekompakan saat dihantam oleh badai.

            Bahtera Serdadu, salah satu kapal terbesar yang menampung warga Universitas al-Ahgaff dapat terus berlayar dengan gagah setelah mengarungi badai ikhtibar fashl awwal sejak empat minggu lalu, meskipun terombang-ambing di tengah gejolak ombak besar, dan beberapa awak kapal Bahtera cedera akibat hantaman badai minggu lalu.

            Peristiwa ini menjadi bahan evaluasi untuk para nahkoda dan awak kapal, bahwa kekompakan dan integritas yang selama ini meraih pujian bahkan apresiasi dari pihak teman belum cukup. Perlu adanya sinyal, gerak, dan geliat maksimal dalam aksi saling tarik-menarik, karna untuk sukses dari jebakan badai maha besar diperlukan adanya energi dan pasukan tambahan.

            Salah satu dosen Universitas al-Ahgaff pernah membawakan syi'ir Syeikh Ibn Abi Thohir berikut ini:
ومن تك نزهته قينة  ***  وكأس تحث وكأس تصب
فنزهتنا واستراحتنا  ***  تلاقي العيون ودرس الكتب
"Jika memang mendatangi konser dan bersulang minuman adalah liburan dan kesenangan mereka, maka tatap muka dengan para Ulama, menimba Ilmu kepada mereka, serta menelaah buku-buku salaf adalah kebahagian dan berlibur yang sesungguhnya bagi kita"

*الصحبة في طلب العلم ذكرياته لا تزول ولا تنسي أبدا.
اللهم اجعلنا و أصحابنا الذين عندهم الدور من الناجحين و الفائزين ...

اللهم كما قدرتنا السفر من البلاد معا نسألك ان تجعل رجوعنا اليه معا بالسلامة و العافية و البركة أمين....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar