Header Ads

Breaking News
recent

Rekam Jejak Penikmat Kopi




Dinukil oleh Nur Huda Hilda

Imam Najmuddin al-Ghozzi berkata dalam kitab Al-Kawaqib As-Syairah Fi A'yan al-Miah al-A'syiroh bahwa: Orang yang pertama kali menjadikan kebiasaan minum kopi sebagai minuman berkhasiat adalah Syaikh Al-Habib Abi Bakr Bin Abdullah Al- Aydrus (Shohibul Rotib Qubro Al-Aydrus). Beliau membuat racikan kopi dari buah pohon Bun.

Sayyidil Al-Habib Abdurrohman bin Muhammad bin Abdurrohman bin Muhammad Al-Husainy al-Hadramy dari marga Al-Aydrus (1070 H-1113 H) mengatakan dalam kitabnya Iinaasush Shofwah bi Anfaasil Qohwah : Biji kopi baru ditemukan pada akhir abad VIII H di Yaman oleh penemu kopi Mukha, Al-Imam Sayyidina Abul Hasan Ali Asy-Syadzili bin Umar bin Ibrahim bin Abi Hudaimah Muhammad bin Abdulloh bin al-Faqih Muhammad Disa'in (nasabnya bersambung hingga kepada seorang sahabat bernama Kholid bin Asad bin Abil Ish bin Umayyah al-Akbar bin Abdi Syams bin Abdi Manaf bin Qushay). Beliau adalah pengikut tarekat Syadziliyah, bukan pendirinya (karena pendiri tarekat Syadziliyah, Al-Imam Qutb Sayyidina Abi Hasan Asy-Syadzili bin Abdullah bin Abdul Jabbar Al-Hasani Asy- Syadziliyi Ra bersambung Nasab kepada Sayyidina Rosulillahi Saw telah wafat pada tahun 828 H).

 Dalam penemuan biji kopi, Imam Abul Hasan Asy-Syadzili mendahului Imam Abu Bakr al-Aydrus. Sehingga Imam Abul Hasan adalah penemu biji kopi, sedangkan Imam Abu Bakr Al-Aydrus adalah penyebar kopi di berbagai tempat.

Syaikhul Qohwah Al Buniyyah, Ali bin Umar As-Syadzili menggubah syair mengenai kopi sebagai berikut:

 قهوة البن ياأهل الغرام

 # ساعدتنى على ترك المنام وأعانتنى بعون الله على

# طاعته والناس نيام قافها قوة والهاء هدى

 # والواو ود والهاء هيام فلا تلوموني على شربي لها

# فانها شرب لأقوام كرام



Artinya: : “Wahai orang-orang yang asyik dalam cinta sejati denganNya, kopi membantuku mengusir kantuk. Dengan pertolongan Allah Swt, kopi menggiatkanku ta`at beribadah kepadaNya di kala orang-orang sedang terlelap”. “Qahwah (kopi): Qof' adalah quut (makanan) Ha' adalah hudaa (petunjuk Wawu' adalah wud (cinta) dan ha' adalah hiyam (pengusir kantuk). Janganlah kau mencelaku karena aku minum kopi, sebab kopi adalah minuman para junjungan yang mulia”.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.